Jazz ([Jes]) adalah aliran musik yang berasal dari Amerika Serikat pada awal abad ke-20 dengan akar-akar dari musik Afrika dan Eropa.
Musik jazz banyak menggunakan gitar, trombon, piano, trompet, dan saksofon. Elemen penting dalam jazz adalah blue notes, improvisasi, polyrhythms, sinkopasi, dan shuffle note.
A.DEFINISI MUSIK JAZZ Jazz bisa sangat sulit untuk menentukan karena
membentang dari waltz Ragtime untuk fusi era tahun 2000-an. Meskipun
banyak upaya telah dilakukan untuk menentukan jazz dari sudut pandang
di luar jazz, seperti menggunakan sejarah musik Eropa atau musik
Afrika, kritikus jazz Joachim Berendt berpendapat bahwa semua upaya
tersebut tidak memuaskan. Salah satu cara untuk berkeliling masalah
definisi adalah untuk mendefinisikan jazz "istilah" lebih luas. Berendt
mendefinisikan jazz sebagai bentuk "seni musik yang berasal dari
Amerika Serikat melalui konfrontasi orang kulit hitam dengan musik
Eropa", ia berpendapat bahwa jazz berbeda dari musik Eropa dalam jazz
yang memiliki hubungan "khusus untuk waktu, yang didefinisikan sebagai
'ayunan' "," sebuah spontanitas dan vitalitas produksi musik di mana
improvisasi memainkan peran ", dan" kemerduan dan cara ungkapan yang
cermin individualitas dari musisi jazz melakukan ". Travis Jackson juga
mengusulkan definisi yang lebih luas dari jazz yang mampu mencakup
seluruh era yang berbeda secara radikal: ia menyatakan itu adalah musik
yang mencakup kualitas seperti "berayun", improvisasi, interaksi
kelompok, mengembangkan sebuah" suara individu, dan menjadi 'terbuka'
untuk kemungkinan musik yang berbeda Krin Gabbard mengklaim bahwa" jazz
adalah membangun "atau kategori yang, sementara buatan, masih berguna
untuk menunjuk" sejumlah musics dengan cukup umum harus dipahami
sebagai bagian dari sebuah tradisi yang koheren ". Sementara jazz
mungkin sulit untuk menentukan, improvisasi jelas salah satu elemen
kunci. Awal blues pada umumnya terstruktur sekitar pola
panggilan-dan-respon yang berulang, unsur umum dalam tradisi lisan
Afrika Amerika. Suatu bentuk musik rakyat yang meningkat di bagian dari
lagu kerja dan bidang hollers Hitam pedesaan, blues awal juga sangat
improvisasi. Fitur-fitur ini mendasar dengan sifat jazz. Dalam
unsur-unsur musik klasik Eropa interpretasi, ornamen dan pendampingan
kadang-kadang kiri ke kebijaksanaan yang berprestasi itu, tujuan utama
adalah pemain memainkan komposisi seperti yang tertulis. Dalam jazz,
Namun, pemain ahli akan menafsirkan sebuah lagu dengan cara yang sangat
individu, tidak pernah memainkan komposisi yang sama persis dengan cara
yang sama dua kali. Tergantung mood pemain dan pengalaman pribadi,
interaksi dengan sesama musisi, atau bahkan anggota audiens, seorang
musisi jazz / pemain dapat mengubah melodi, harmoni atau waktu
penandatanganan di akan. musik klasik Eropa telah dikatakan media
komposer. Jazz, namun, sering ditandai sebagai produk kreativitas
egaliter, interaksi dan kolaborasi, menempatkan nilai yang sama pada
kontribusi dari komposer dan pelaku, 'tangkas berat [ing] klaim
masing-masing komposer dan improvisasi' . Di New Orleans dan Dixieland
jazz, performer bergantian bermain melodi, sementara yang lain
countermelodies improvisasi. Dengan era swing, big band datang untuk
lebih mengandalkan musik diatur: pengaturan entah tertulis atau
dipelajari oleh telinga dan hafal - banyak artis jazz awal tidak bisa
membaca musik. solois Individu akan berimprovisasi dalam pengaturan
ini. Kemudian, di bebop fokus bergeser ke arah kelompok-kelompok kecil
dan pengaturan minimal; melodi (dikenal sebagai kepala "") akan
dinyatakan secara singkat pada awal dan akhir bagian, tapi inti dari
kinerja akan menjadi serangkaian improvisasi dalam tengah. Kemudian
gaya jazz seperti jazz modal meninggalkan gagasan ketat kemajuan akord,
yang memungkinkan individu musisi berimprovisasi bahkan lebih bebas
dalam konteks skala tertentu atau mode. avant-garde dan idiom jazz
bebas izin, bahkan memanggil, meninggalkan chords, sisik, dan meter
berirama. Telah lama ada perdebatan di komunitas jazz atas definisi dan
batas-batas "jazz". Meskipun perubahan atau transformasi jazz oleh
pengaruh baru awalnya sering dikritik sebagai kehinaan "," Andrew
berpendapat Gilbert jazz yang memiliki kemampuan "untuk menyerap dan
mengubah pengaruh" dari gaya musik yang beragam. Sementara beberapa
penggemar jenis tertentu jazz berpendapat untuk definisi sempit yang
mengecualikan berbagai jenis musik juga dikenal sebagai "jazz", musisi
jazz sendiri sering enggan untuk mendefinisikan musik mereka bermain.
Duke Ellington menyimpulkan dengan mengatakan, "Ini semua musik."
Beberapa kritikus bahkan menyatakan bahwa musik Ellington bukanlah jazz
karena diatur dan mengatur. Pada teman sisi lain Ellington dua puluh
solo Earl Hines's "transformatif versi "komposisi Ellington (pada Earl
Hines Dimainkan Duke Ellington dicatat pada tahun 1970) yang dijelaskan
oleh Ben Ratliff, New York Times kritikus jazz, seperti" sebagai contoh
yang baik dari proses jazz sebagai sesuatu di luar sana ". Berorientasi
komersial atau populer yang dipengaruhi musik jazz bentuk memiliki
keduanya lama dikritik, setidaknya sejak munculnya Bop. penggemar jazz
tradisional telah diberhentikan Bop, tahun 1970-an jazz [era fusi dan
banyak lain] sebagai periode penurunan nilai komersial dari musik.
Menurut Bruce Johnson, musik jazz selalu memiliki ketegangan "antara
jazz sebagai musik komersial dan bentuk seni" catatan Gilbert itu.
Sebagai gagasan tentang kanon jazz adalah berkembang, "prestasi masa
lalu" dapat menjadi "... istimewa atas kreativitas istimewa ..." dan
inovasi seniman saat Village Voice. jazz kritikus Gary Giddins
berpendapat bahwa sebagai penciptaan dan penyebaran jazz semakin
dilembagakan dan didominasi oleh perusahaan hiburan besar, jazz adalah
menghadapi "sebuah. .. masa depan berbahaya kehormatan dan penerimaan
tertarik "David Ake. memperingatkan bahwa penciptaan" norma "dalam jazz
dan pembentukan tradisi jazz" "mungkin mengecualikan atau sampingan
lainnya yang lebih baru, avant-garde bentuk jazz . Kontroversi juga
muncul lebih dari bentuk-bentuk baru jazz kontemporer dibuat di luar
Amerika Serikat dan berangkat secara signifikan dari gaya Amerika Di
satu pandangan mereka merupakan bagian penting dari pengembangan saat
ini jazz itu;. di lain mereka kadang-kadang dikritik sebagai penolakan
terhadap tradisi jazz penting. Asal-usul dari jazz kata adalah salah
satu yang paling dicari asal-usul kata dalam bahasa Inggris Amerika
modern. Bunga intrinsik Kata's - American Dialect Society menamakannya
Kata Abad Duapuluh - telah menghasilkan penelitian yang cukup besar,
dan sejarahnya dengan baik didokumentasikan. Seperti dijelaskan lebih
rinci di bawah, jazz dimulai sebagai istilah slang Pantai Barat sekitar
tahun 1912, yang berarti yang bervariasi tetapi tidak mengacu pada
musik atau seks. Jazz datang berarti musik jazz di Chicago sekitar
tahun 1915. Jazz dimainkan di New Orleans sebelum waktu itu, tapi tidak
disebut jazz. Jazz kata membuat salah satu penampilan yang paling awal
di San Francisco bisbol menulis pada tahun 1913. "Jazz diperkenalkan ke
San Francisco pada 1913 oleh William (Spike) Slattery, olahraga Call
editor, dan disebarkan oleh pemimpin-band bernama Seni Hickman itu
tercapai. Chicago dengan 1915 namun tidak mendengar di New York sampai
setahun kemudian. "Salah satu kegunaan yang dikenal pertama dari kata
jazz muncul di 3 Maret 1913, artikel bisbol di San Francisco Bulletin
oleh ET "Scoop" Gleeson Asal-usul dari jazz kata adalah salah satu yang
paling dicari asal-usul kata dalam bahasa Inggris Amerika modern. Bunga
intrinsik Kata's - American Dialect Society menamakannya Kata Abad
Duapuluh - telah menghasilkan penelitian yang cukup besar, dan
sejarahnya dengan baik didokumentasikan. Seperti dijelaskan lebih rinci
di bawah, jazz dimulai sebagai istilah slang Pantai Barat sekitar tahun
1912, yang berarti yang bervariasi tetapi tidak mengacu pada musik atau
seks. Jazz datang berarti musik jazz di Chicago sekitar tahun 1915.
Jazz dimainkan di New Orleans sebelum waktu itu, tapi tidak disebut
jazz. Jazz kata membuat salah satu penampilan yang paling awal di San
Francisco bisbol menulis pada tahun 1913. "Jazz diperkenalkan ke San
Francisco pada 1913 oleh William (Spike) Slattery, olahraga Call
editor, dan disebarkan oleh pemimpin-band bernama Seni Hickman itu
tercapai. Chicago dengan 1915 namun tidak mendengar di New York sampai
setahun kemudian. "Salah satu kegunaan yang dikenal pertama dari kata
jazz muncul di 3 Maret 1913, artikel bisbol di San Francisco Bulletin
oleh ET "Scoop" Gleeson .
Tidak ada komentar:
Posting Komentar